PERTUMBUHAN TANAMAN KELAPA SAWIT PADA LAHAN DENGAN TANAMAN PENUTUP TANAH MUCUNA BRACTEATA YANG TIDAK TERAWAT DAN ALANG-ALANG (IMPERATA CYLINDRICA)

Main Article Content

Muhdan Syarovy
Heri Santoso
Deby Setyany Sembiring

Abstract

Mucuna bracteata (MB) merupakan salah satu jenis tanaman penutup tanah (cover crop) yang banyak digunakan di perkebunan kelapa sawit. Tanaman ini memiliki kelebihan diantaranya mampu memproduksi biomasa yang banyak, mengandung N lebih tinggi, berumur panjang, tahan terhadap naungan dan memiliki pertumbuhan yang cepat. Namun demikian, apabila pemeliharaan MB tidak dilakukan sesuai standar maka akan mengganggu pertumbuhan tanaman kelapa sawit. Hal ini karena sifat MB yang akan tumbuh menjalar dan melilit apapun yang ada disekitarnya. Bahkan, pada beberapa kasus tanaman kelapa sawit dapat mati akibat tanaman tidak mendapatkan ruang tumbuh dan cahaya yang cukup untuk melakukan aktivitas fotosintesis. Disisi lain, areal tanaman kelapa sawit yang tidak ditanam cover crop akan mengakibatkan pertumbuhan gulma terutama alang-alang menjadi tidak terkendali. Selain itu, gulma alang-alang dapat menghasilkan senyawa alelopati yang berdampak buruk bagi pertumbuhan kelapa sawit. Tulisan ini bertujuan untuk membandingkan pertumbuhan kelapa sawit tanpa pemeliharaan MB dan tanaman kelapa sawit yang seluruh arealnya didominasi oleh pertumbuhan gulma alang-alang. Studi kasus penelitian ini dilakukan di salah satu kebun di Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan yang tidak melakukan kegiatan kultur teknis sesuai standar termasuk pemupukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman kelapa sawit pada lahan dengan tanaman penutup tanah MB walaupun tanpa pemeliharaan memiliki pertumbuhan yang lebih baik dibandingkan pada areal dengan tanaman penutup tanah alang-alang. Hal ini tercermin dari kondisi visual dan pertumbuhan vegetatif tanaman.

Article Details

How to Cite
Syarovy, M., Santoso, H., & Sembiring, D. S. (2021). PERTUMBUHAN TANAMAN KELAPA SAWIT PADA LAHAN DENGAN TANAMAN PENUTUP TANAH MUCUNA BRACTEATA YANG TIDAK TERAWAT DAN ALANG-ALANG (IMPERATA CYLINDRICA). WARTA Pusat Penelitian Kelapa Sawit, 26(1), 46-54. Retrieved from https://warta.iopri.org/index.php/Warta/article/view/46
Section
Articles